Selasa, 25 Mei 2010

Ada Lagi Tambahan Amazing Moment

Kalau sebelumnya, saya berbagi pengalaman tentang cara belajar sepeda dan terapi murotal, sekarang ada kisah bagaimana kejelian pemanfaatan proses otak menjadikan kebahagiaan dan kemenangan.

Kisah dari sebuah buku, pasukan muslim akan menghadapi pasukan persia yang kabarnya sudah semakin dekat saja. Seorang prajurit cerdik, membuat sebuah patung gajah di depan rumahnya. Sebuah patung gajah yang sama bentuk dan sama besarnya dengan ukuran asli binatang gajah. Ada beberapa orang yang menertawakan tapi akhirnya ini menjadi pelajaran yang berharga.

Ketika patung gajah pertama kali dibuat, beberapa orang bereaksi negatif. Terlebih lagi dengan kuda-kuda tunggangan yang kelak akan dijadikan tunggangan perang, saat mendekat kuda-kuda seperti susah dikendalikan karena takutnya terhadap gajah tiruan itu. Beberapa minggu berlalu, semua orang dan kuda tunggangan sudah terbiasa dengan besarnya gajah imitasi. Dan ketika perang pecah, mereka sudah terbiasa dan bisa menghadapi pasukan gajah dengan baik. Hasilnya kemenangan bagi kaum muslimin.

Ada juga kisah perjuangan SPMB yang saya lalui, atau malah kalau kita suka film diabadikan dalam sebuah drama Jepang dengan judul "Dragon Zakura". Kebiasaan dengan cara menghadapi soal membuat kita terbiasa dan lebih siap dalam menghadapi ujian yang sebenarnya ketimbang persiapan dengan hanya belajar materi saja. Hasilnya kemungkinan kita lolos ujian semakin tinggi.

Bahkan semoga dibaca sebagai pelajaran alih-alih dipandang sombong, saya tidak belajar untuk SPMB karena dulu saat masih sekolah puluhan soal ujian dari tahun 1992 sampai 2003 SPMB/UMPTn sudah dilahap habis. Menghadapi UM UGM di tahun 2004 saya lulus, alhamdulillah. Karena berbagai hal saya tidak melanjutkan sampai akhirnya di tahun ke-2006 di detik-detik terakhir pendaftaran SPMB saya memutuskan mendaftar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar